45+ Makanan Khas Surabaya yang Terkenal dan Terjangkau untuk Pecinta Kuliner

3 min read

makanan khas surabaya

Makanan khas Surabaya – Kota sangat ikonik dengan monumen Sura dan Baya tersebut merupakan sebuah kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Timur yang juga dikenal sebagai Kota Pahlawan, karena searahnya yang sangat penting dari perjuangan Arek-arek Suroboyo.

Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 2,7 juta ini memiliki luas mencapai 350,54 km persegi. Kota Surabaya sendiri merupakan kawasan metropolitan yang terbesar kedua setelah Jabodetabek, Indonesia.

Selain kental dengan sejarah perjuangan kemerdekaan, Surabaya juga terkenal dengan berbagai wisatanya, termasuk wisata kuliner di dalamnya. Makanan khas Surabaya adalah aneka kreasi makanan yang sudah ada sejak lama di Surabaya dan khas Surabaya.

Nah, berikut beberapa makanan khas Surabaya yang Terkenal karena kelezatan dan keunikannya:

1. Makanan Ringan Khas Surabaya

makanan khas surabaya
jualalmondcrispy.blogspot.com/

Salah satu makanan ringan khas Surabaya yang modern adalah Almond Crispy Cheese. Makanan  khas kota Surabaya ini terbuat dari bahan dasar tepung dengan campuran gula, telur, keju, susu bubuk dan keju sebagai toppingnya. Untuk variannya, terdapat 3 pilihan rasa, yaitu greentea, coklat, dan original.

2. Makanan Khas Surabaya Rujak Cingur

makanan khas surabaya
www.kulineri.com

Makanan khas Surabaya dengan nama Rujak Cingur ini memiliki makna “mulut” dari kata Cingur tersebut. Rujak cingur ini umumnya terdiri dari irisan berbagai campuran jenis buah seperti bengkuang, nanas, timun, mangga muda, kedondong dan kerahi.

Selain buah, rujak cingur juga masih dicampur dengan tahu, tempe, lontong, cingur, bendoyo, dan sayur-sayuran seperti kangkung, taoge, dan kacang panjang. Kemudian semua bahan tersebut dicampur dengan tambahan bumbu saus dari olahan petis udang, di mana semua bumbu tersebut diulek, sehingga rujak cingur disebut rujak ulek.

Dalam penyajiannya, Anda bisa menikmatinya dengan cara biasa atau matengan yang mana semua bahannya sudah dioalah hingga matang dulu.

3. Makanan Khas Surabaya Malam Hari

Makanan khas Surabaya yang akan bertambah enak dengan suasana pada malam hari. Beberapa makanan khas Surabaya yang terkenal pada malam hari yaitu:

4. Rawon Setan Mbak Endang

makanan khas surabaya
hellosurabaya.com

Makanan Khas Surabaya Jawa Timur disajikan dengan daging sapi yang bertekstur empuk, bersama campuran kuahnya dengan cita rasa yang sedap dan gurih. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aneka lauk seperti tempe, telur, kerupuk udang, dan lain-lain.

5. Pecel Ambulance

makanan khas surabaya
thefooodsdiary.blogspot.com

Jika pada umumnya pecel disajikan sebagai menu sarapan, berbeda dengan Surabaya. Wisata kuliner malam harinya malah menyediakan pecel dengan sebutan pecel Ambulance. Untuk pendamping nasi, ada banyak varian pada pecelnya, seperti ayam goreng, telur dadar, perkedel, bakwan dan lain sebagainya.

6. Sego Sambel Mak Yeye

makanan khas surabaya
wownderfulife.wordpress.com

Wisata khas Surabaya yang enak Sego sambel ini termasuk salah satu wisata kuliner yang sudah tersohor di Surabaya, khususnya untuk wisata kuliner pada malam hari. Rasa dari sambelnya sendiri sudah tidak diragukan lagi level pedesnya. Namun bagi Anda yang tidak suka pedas, Anda juga bisa memesan sambel dengan level pedas sedang atau biasa.

Sementara itu, untuk lauknya Anda juga bisa memilihnya sesuai dengan selera Anda. ada beberapa pilihan seperti olahan telur, tempe goreng, ikan pari, ikan lele dan masih banyak lagi.

7. Makanan Khas Surabaya Lontong Balap

makanan khas surabaya
id-id.facebook.com

Makanan khas kota Surabaya ini terbuat dari beberapa bahan, seperti lontong, tahu goreng, taoge, bawang goreng, lentho, sambal dan kecap. Lontong balap tersebut terdiri dari irisan lontong yang ditumpangi beberapa irisan tahu dan remasan lentho, lalu di atasnya ditambahkan kecambah setengah matang, kuah secukupnya, serta kecap dan sambal sesuai selera.

8. Nasi Goreng Jancuk Khas Surabaya

makanan khas surabaya
travel.kapanlagi.com

Nama nasi goreng ini seperti kata-kata orang sedang marah. Kata Janjuk merupakan kata yang tidak lazim digunakan. Dulu mungkin pada awalnya karena ketika makan nasi goreng ini rasa pedasnya sangat terlalu sehingga seakan-akan akan marah. Makanan khas ini sangat banyak penggemarnya khususnya bagi orang yang penggemar makanan pedas.

9. Nasi Cumi Khas Surabaya

makanan khas surabaya
brilicious.brilio.net

Makanan khas ini sangat terjangkau harganya. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Surabaya hanya untuk membeli makanan Khas yang satu ini. Nasi cumi ini merupakan makanan yang bercampur bumbu Madura Ampel yang sangat terkenal.

Makanan Nasi cumi ini biasa di hidangkan dengan nasi panas dengan diberi serundeng kelapa dan mie kuning. Rasanya sangat nikmat jika di tambah dengan sambal pencit khas surabaya.

10. Nasi Campur Tambak Bayan Khas Kuliner Surabaya

makanan khas surabaya
eatandtreats.blogspot.com

Nasi campur ini makanan yang enak dengan menu mie putih, telur, daging empal, smabal, dan taburan bawang goreng. Cocok sekali untuk anda yang sedang lapar belum masak keluarga di rumah. Makanan ini buka pukul 05.00 – 15.00. Ayoo buruan nyicip makanan khas Surabaya ini yaa jika berkunjung ke sana.

11. Nasi Empal Pengampon Khas Surabaya

makanan khas surabaya
www.hngrynow.com

Terdengar sangat unik nama dari makanan khas ini. Sebenarnya makanan nasi empal pengampon adalah nasi putih yang di sajikan dengan lauk seperti tempe, lalapan, kemangi, dan empal suwir sebagai makanan khasnya.

Anda hanya makan satu porsi makanan ini pasti sudah kenyang. Biasa makanan ini buka jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

12. Nasi Krawu Makanan Khas Surabaya

makanan khas surabaya
www.mldspot.com

Makanan yang terdiri dari nasi, semur daging, jeroan sapi, dan sambal terasi menjadikan makanan khas ini sangat enak dan kamu harus coba.

13. Tahu Tek Khas Surabaya

makanan khas surabaya
www.benklik.com

Makanan tradisional khas Surabaya yang sudah ada sejak lama. Harganya sangat murah hanya 8 ribu saja. Tahu Tek ini terdiri dari lontong, tahu, kecambah, dan di taburi dengan petis, seledri, bawang goreng, dan kerupuk. Makanan ini sangat banyak penggemarnya meskipun makanan tradisional.

Nah, tunggu apa lagi? Wisata ke Surabaya mampir juga dan cicipi makanan khas Surabaya yang memang sudah terkenal enaknya. Nikmati juga suasana khas Surabaya pada wisata kuliner pada malam hari.

× Kirim Pesan