ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Jenis Investasi Syariah Menguntungkan Tanpa Riba

2 min read

jenis investasi syariah

Jenis Investasi Syariah – Investasi merupakan sebuah aset masa depan yang penting dan sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Dengan investasi kehidupan masa depan seseorang akan menjadi lebih terjamin karena memiliki simpanan aset yang dapat digunakan di kehidupan yang akan datang. Misalnya seorang bapak dengan dua orang anak yang masih kecil-kecil memiliki keinginan untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga tingkat perguruan tinggi. Biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan mimpi tersebut tidaklah sedikit.

Nah, oleh karena itu bapak dari si anak mulai berinvestasi dimulai sejak anak-anaknya masih kecil. Harapannya jika kelak anaknya masuk perguruan tinggi sudah ada dana yang siap digunakan untuk membiayai kedua anaknya tersebut. Ini juga sekaligus merupakan salah satu contoh investasi jangka panjang karena memerlukan waktu yang relatif lebih lama.

Mungkin banyak yang masih beranggapan bahwa kuliah tak harus dengan mengeluarkan banyak biaya. Banyak beasiswa yang bisa didapatkan ketika kita masuk ke perguruan tinggi. Namun kita sebagai orang tua tak bisa mengandalkan dari beasiswa saja. Beasiswa bisa didapatkan oleh seorang mahasiswa dengan kualifikasi tertentu dan hanya beberapa orang saja yang akan menadapatkannya. Nah, oleh karena itu investasi merupakan suatu hal penting yang harus direncanakan dan dimulai sedini mungkin.

Banyaknya jenis investasi yang ditawarkan dengan profit berupa keuntungan yang kadang menggiurkan banyak orang. Namun kita harus mempelajari sistemnya terlebih dahulu. Jangan sampai kita berinvestasi dan berkeinginan mendapatkan keuntungan yang besar namun ternyata kta memakan uang riba. Bagi kita yang beragama islam harus lebih berhati-hati dlaam menjalankan sebuah investasi.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tuntas mengenai jenis investasi syariah tanpa riba namun tetap dengan keuntungan yang besar. Simak baik-baik penjelasan lengkapnya di sini!

1. Deposito Syariah

deposito

Jenis investasi syariah yang pertama adalah deposito syariah. Deposito syariah ini memiliki sebuah sistem dengan melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Nah deposito syariah ini biasanya diperuntukan untuk pendidikan, pembelian rumah, kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lebih singkatnya saja deposito bisa kita sebut dengan simpanan berjangka. Layanan deposito syariah sekarang sudah banyak ditemukan pada bank-bank konvensional. Perbedaan antara deposito syariah dengan deposito biasa terletak pada akadnya.

2. Saham Syariah

saham

Bisnis saham merupakan sebuah bisnis yang biasanya dijalankan oleh perusahaan besar. Banyak orang yang mengira bahwa jual beli saham atau surat berharga ini termasuk ke dalam perbuatan judi. Namun tak semuanya bisa dikatakan demikian. Jual beli saham ternyata juga ada yang sudah sesuai dengan syariah. Dalam prinsip syariah, perusahaan tidak dibolehkan sembarangan menjual saham pada trader. Yang bisa menjual saham pada trader syariah hanyalah perusahaan yang tidak menjual produk yang memiliki label haram dari MUI.

Baca Juga:

3. Investasi Syariah, Pasar Modal Syariah

pasar modal

Pasar modal merupakan tenpat investor untuk menanamkan modalnya dengan perusahaan yang membutuhkan modal. Pada investasi jenis ini penanam modal atau investor tidak dapat menarik kembali modal yang sudah ia tanamkan di perusahaan setiap waktu. Resiko kerugian dan keuntungan dalam sistem ini akan ditanggung bersama antara pemilik perusahaan dan investor.

4. Obligasi Syariah/Sukuk

investasi obligasi

Pada sistem obligasi syariah dokumen-dokumen atau surat-surat dalam bentuk sertifikat aset hanya bisa dicetak oleh emiten. Benda tersebut kemudian bisa dijual dengan memperhatikan prinsip-prinsip syariah.

5. Asuransi Syariah

asuransi

Belakangan ini marak sekali orang berinvestasi dalam bentuk sebuah asuransi. Alasan mereka karena bisa menjamin aset yang kita miliki dan diri kita sendiri. Dalam asuransi syariah perbedaan yang mendasari dengan asuransi biasa terletak pada pelaku penerima simpanannya. Di sini pihak yang menerima simpanan tidak boleh memotong uang yang disetorkan. Mereka hanya bertuga untuk mengelola saja namun mereka diperbolehkan untuk bagi hasil dari jumlah iuran per bulannya.

6. ReksaDana Syariah

reksadana

Kelebihan yang ditawarkan reksa dana syariah meliputi pengawasan langsung yang dilakukan oleh dewan pengawas syariah MUI. Sistem investasi yang dilakukan pada reksa dana syariah adalah dengan cara portofolio. Cara ini merupakan proses pengumpulan modal dari masyarakat yang nantinya akan dikembangkan lagi. Tak perlu khawatir, karena uang yang sudah diinvestasikan tak akan salah tempat.

7. Emas Online

jenis emas

Investasi emas sekarang sudah mulai banyak diminati oleh kalangan anak muda. Berbeda dengan investasi lainnya, investasi emas merupakan investasi langsung. Banyak perusahaan startup yang membuka layanan investasi emas ini. Contoh Startup yang menyediakan layanan investasi emas secara online yaitu Tokopedia, Bukalapak, Tamasia, Emas Digi.

Landasan hukum investasi emas dimunculkan atas landasan hukum dari fatwa Dewan Syariah Nasional No: 77/DSN-MUI/V/2010 tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai. Meskipun fatwa tersebut masih banyak yang bertentangan menurut para ulama. Hal tersebut karena emas dianggap mata uang, sedangkan di Indonesia dianggap komoditi. Jika kurang yakin dengan investasi emas secara online sebaiknya jangan lakukan.

Nah itu merupakan beberapa jenis investasi syariah yang bisa kalian pelajari lebih dalam lagi. Kalian juga bisa mencari tau tentang pengertian, tips, dan fungsi investasi untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang investasi. Banyak jenis investasi yang sebenarnya bisa kita jalankan dengan mudah dan untung yang besar. Namun bagi seorang muslim kita hendaknya mengedepankan prinsip-prinsip syariah yang saat ini banyak bertebaran di seluruh wilayah di indonesia. Dengan memilih jenis investasi syariah, maka keuntungan yang akan kita dapatkan tentunya juga berlipat. Kita bisa mendpatkan keuntungan finansial berupa income maupun aset. Namun kita juga mendapat keuntungan akhirat karena tidak ada riba diantara kita.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan