ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis Baju Distro Bagi Pemula

3 min read

cara bisnis baju distro

Cara Bisnis Baju Distro – Di jaman milenial ini perkembangan kemajuan teknologi sudah tidak dapat dibendung lagi. Dari melesatnya perkembangan teknologi tersebut ternyata juga memberikan dampak yang sangat besar pada industri fashion. Dari sini lah inovasi-inovasi dalam dunia fashion dapat tercipta seiring dengan berkembangnya jaman.

Banyak dari masyarakat di sekitar kita yang antusias dalam berkembangnya fashion di Indonesia ini. Tak hanya pejabat tinggi, pekerja, pengusaha, dan pegawai kantor saja yang tertarik dengan berkembangnya fashion ini, anak-anak SMA bahkan ibu rumah tanggapun selalu mengikutinya. Nah salah satu yang menjadi inovasi di dunia fashion saat ini adalah distro.

Siapa sih yang tak kenal dengan yang namanya distro? Distro sendiri sebenarnya merupakan sebuah distributor toko atau biasa juga disebut dengan distributor store. Nah perbedaan yang sangat melekat pada distro ini dibandingkan dengan toko-toko fashion lainnya adalah distro lebih lekat dengan pakaian-pakaian anak muda.

Banyaknya keinginan dari kaum muda inilah yang mengawali lahirnya sebuah distro. Bermula dari keinginan dan kreatifitas anak-anak muda yang berinovasi menentukan style pakaian mereka sendiri maka terciptalah sebuah distro dengan keunikannya yang khas. Hal yang khas dari distro terletak pada keunikan yang ada pada barangnya. Biasanya barang yang ada di distro tidak terdapat di toko lain. Yah bisa juga dibilang unlimited karena jumlahnya juga terbatas.

Dalam menjalankan sebuah bisnis distro kita harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu untuk menunjang kesuksesan bisnis yang dijalani termasuk bagaimana cara bisnis pakaian agar laris terjual. Mungkin banyak yang bertanya, Bagaimana cara bisnis baju distro yang baik bagi pemula? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Menentukan Tema Distro

tema distro
Tema Distro

Dalam menjalankan bisnis distro kita harus memiliki tema tersendiri untuk distro kita. Fungsi tema dalam distro ini tak lain dan tak bukan adalah untuk menarik perhatian para pembeli. Selain itu, tampilan distro yang menarik akan mudah diingat oleh masyarakat.

Pilihlah tema distro yang memiliki keunikan tersendiri dari distro lainnya. Misalnya dalam distro kita mengambil tema dengan nuansa putih, nah maka semua jenis barang yang akan kita jual pun berwarna putih. Jadi kita juga memudahkan para pembeli untuk mencari baju-baju dengan warna putih.

2. Menentukan Jenis Usaha Distro

jenis usaha distro
Jenis Usaha Distro

Cara bisnis distro yang selanjutnya adalah dengan menentukan jenis usaha distro seperti apa yang akan kita jalani. Apakah kita akan memulai menjadi reseller ataukah memproduksi barang sendiri. Jika kita memiliki menjadi reseller tak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu cara menjadi reseller yang baik dalam bisnis agar bisnis yang kita jalankan dapat berkembang.

Nah tinggal memilih saja jenis usaha yang akan kita geluti. Namun jika kita memiliki modal yang minim, menjadi seorang reseller dapat menjadi plihan yang tepat. Jika tidak punya modal sama sekali bisa bisnis dengan dropship. Agar tahu tentang apa itu dropship bisa baca tentang cara bisnis dropship bagi pemula.

3. Menentukan Tempat Sablon Baju

tempat sablon
Tempat Sablon

Usaha distro merupakan usaha yang lekat dengan anak muda. Biasanya dalam distro ini terdapat berbagai fashion remaja mulai dari jaket, kaos, dan lain sebagainya. Nah jika kita memilih untuk memproduksi sendiri, pastikan kita juga harus memilih tempat sablon yang berkualitas. Mencari tempat sablon yang berkualitas ini mungkin gampang-gampang susah karena kita harus berkeliling untuk menemukan tempat sablon dengan kualitas terbaik bagi distro kita. Dari kualitas inilah yang nantinya akan memberikan nilai plus bagi para para pembelinya.

Baca Juga:

4. Menentukan Harga

harga
Harga

Cara bisnis baju distro yang seanjutnya adalah dengan menentukan harga produk. Setiap produk pasti memiliki perbedaan dari model baju, jenis kain, dan lain sebagainya. Untuk setiap jenis baju yang kita jual di distro kita alangkah lebih baik jika kita menentukan harga yang sesuai. Usahakan jangan mengambil keuntungan yang terlalu tinggi terlebih dahulu. Pasanglah harga yang hampir setara dengan distro-distro lainnya. Nah, untuk itu kita harus melakukan riset pasar utnuk menentukan harga yang pas. Harga yang ditawarkan ini untuk setiap produk lebih baik yang standar saja, tidak terlalu mahal dan tidak pula terlalu murah.

5. Menentukan Strategi Marketing

sosial media
Media Sosial

Konsep strategi marketing juga sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis tak terkecuali untuk bisnis distro ini. Dalam pemasarannya, kita bisa memanfaatkan smartphone sebagai media promosi distro kita.

Jika kita menjalankan bisnis dengan online maka kita juga harus mengetahui cara bisnis online yang baik agar tidak mengalami kerugian. Cara promosi online bisa menggunakan media sosial Instagram, Whatsapp, Facebook, dan Twitter. Selain itu, kita juga bisa promosi dengan offline yakni dengan cara membuat poster, brosur dan lain-lain. Nah jika kita menggunakan cara ini tentunya akan memakan lebih banyak biaya lagi.

6. Memilih Lokasi Strategis

Lokasi Strategis

Memulai menjalankan suatu bisnis tak lepas dari peran lokasi bisnis kita. Pemilihan lokasi yang strategis akan memudahkan kita untuk menemukan lebih banyak lagi pembeli. Misalnya, kita membuka sebuah distro di dekat sebuah universitas maupun kantor. Secara otomatis mereka akan mengunjungi distro kita walaupun masih sedikit untuk awal waktu. Tidak hanya itu saja, pemilihan lokasi juga lebih baik memiliki akses jalan yang mudah dan baik agar memudahkan para pembeli untuk menjangkau distro kita.

7. Memberi Penawaran Menarik

Promo dan diskon
Promo

Hal penting yang harus kita lakukan pasa saat awal kita membuka usaha distro adalah memberikan berbagai penawaran yang menarik. Nah, penawaran yang menarik ini dapat berupa diskon harga untuk pebelian barang tertentu atau dalam jumlah yang tertentu. Misalnya kita memberikan potongan harga setiap pembelian minimal 5 pcs. Atau bahkan kita memberikan tawaran bonus hadiah dalam pembelian 2 pcs barang tertentu dan masih banyak lagi jenis penawaran yang lainnya.

8. Membentuk Tim Solid

cara bisnis properti
Tim Solid

Mengembangkan suatu usaha pastinya kita membutuhkan yang namanya sebuah tim. Namun tak sembarangan tim yang kita bentuk. Kita harus menemukan orang-orang yang benar-benar dapat dipercaya untuk menjalankan sebuah bisnis secara bersama-sama. Kekompakan sebuah tim akan sangat mempengaruhi kinerja toko yang kita jalankan. Semakin solid suatu tim, maka masalah apapun dapat kita selesaikan dengan baik dengan solusi yang terbaik pula.

Nah itulah beberapa cara bisnis baju distro yang bisa menjadi referensi kalian yang berniat ingin membuka suatu usaha distro. Dalam memulai usaha harus dilandasi dengan optimis. Jika kita menjadi orang yang selalu optimis maka kita tak akan mudah menyerah apapun rintangan yang menghadang. Karena menjalankan sebuah bisnis membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Tak jarang kita menenukan beberapa kali kegagalan sebelum akhirnya kita menemukan titik kesuksesan dalam bisnis kita. Selalu berdoa, ikhtiar, jangan mudah putus asa adalah kunci kesuksesan bisnis bagi kita semua.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan